Maksimalkan Layanan Listrik, PLN Lampung Lakukan Pemeliharaan Tanpa Pemadaman

KRAKATAU.ID, PRINGSEWU — PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga keandalan pasokan listrik. Melalui kegiatan Pemeliharaan Jaringan Bakti Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Tahap 1 yang digelar pada 24-28 Februari 2025 di wilayah kerja PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pringsewu, PLN berhasil melakukan pemeliharaan jaringan listrik tanpa harus memadamkan aliran listrik.

General Manager PLN UID Lampung, Muhammad Joharifin, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya maksimal untuk mengoptimalkan layanan kelistrikan dengan memastikan jaringan tetap beroperasi meski dilakukan perawatan. “Tim PDKB yang terlatih ini bekerja tanpa harus mematikan listrik, sehingga masyarakat tetap mendapatkan layanan kelistrikan yang prima,” ujar Joharifin.

Kegiatan ini melibatkan Tim PDKB gabungan dari seluruh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) di Lampung, termasuk UP3 Tanjung Karang, UP3 Metro, dan UP3 Kotabumi. Dalam lima hari pelaksanaannya, sebanyak 67 titik pemeliharaan preventif dan korektif berhasil diselesaikan. Dengan jumlah pemeliharaan yang signifikan, PLN dapat menyelamatkan 172.083 kWh atau setara dengan 142 juta rupiah, yang tentunya berdampak pada efisiensi dan kualitas layanan kepada pelanggan.

Senior Manager Distribusi PLN UID Lampung, M. Khadafi, menambahkan bahwa kegiatan PDKB ini tidak hanya bertujuan menjaga kualitas listrik, tetapi juga memperkenalkan program edukasi kepada masyarakat. Salah satunya adalah program PLN Mengajar yang dilaksanakan dengan tema “PDKB TM Goes to School” di SMK YPT Pringsewu pada Rabu (26/02). Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih memahami bagaimana pekerjaan pemeliharaan dilakukan tanpa memadamkan listrik.

“Melalui edukasi ini, kami ingin menumbuhkan pemahaman dan minat para siswa terhadap dunia kelistrikan, serta memperkenalkan mereka pada pentingnya keberlanjutan pasokan listrik yang handal,” kata Khadafi.

Tidak hanya kegiatan teknis, PLN juga memperkenalkan kemudahan layanan digital melalui aplikasi PLN Mobile. Manager UP3 Pringsewu, Eka Nurwati, menekankan pentingnya aplikasi ini sebagai sarana yang memudahkan pelanggan dalam melaporkan keluhan atau mengakses informasi terkait kelistrikan dengan cepat dan praktis.

Antusiasme siswa SMK YPT Pringsewu sangat terlihat saat acara berlangsung. Mereka antusias menggali lebih dalam mengenai pekerjaan PDKB dan bagaimana PLN menjaga kelistrikan tanpa mengganggu pasokan. Dengan beragam kegiatan ini, PLN tidak hanya menjaga kualitas kelistrikan tetapi juga berkomitmen untuk terus mendekatkan diri kepada masyarakat melalui program-program edukasi dan layanan yang semakin mudah diakses.***