Misteri Kecelakaan di Tanjakan Tarahan Lampung yang Melegenda

Di kabupaten Lampung Selatan ada sebuah tanjakan jalan di Trans Sumatera yang cukup tinggi yang biasa disebut tanjakan Tarahan, karena letaknya di desa tarahan. Dari dulu jalan yang menanjak jika kita berkendara dari Bandar Lampung menuju ke Bakauheni, seringkali terjadi kecelakaan yang memakan banyak korban.

Banyak cerita yang mengiringi kisah terjadinya kecelakaan di sana, terutama cerita yang berkaitan dengan mistis atau dunia lain.

Bahkan sudah ada stasiun TV swasta yang menjadikannya sebuah acara dalam kemasan dunia mistis, seperti dua dunia di Trans TV dan ada lagi di AN TV.

Hal mistis disangkutkan oleh warga lantaran memang ada makam di seputaran daerah tersebut. Berbagai cerita banyak beredar terkait mahluk-mahluk dari dunia lain yang sering iseng. Ada yang bercerita mengenai seekor buaya besar yang ekornya seringkali mengenai kendaraan, dan ada juga sosok wanita yang berdiri ditengah jalan sehingga membuat pengendara berusaha menghindarinya.

Saya secara pribadi sudah tidak asing lagi dengan tanjakan Tarahan tersebut. Dari ketika masih berupa aspal, hingga saat ini udah di cor beton.

 

Terkait ada atau tidak pengaruh mistis yang diakibatkan dari kecelakaan yang sering terjadi di sana, saya tidak ingin mengupasnya, tetapi disini saya akan mengupas mengenai pengalaman pribadi dan banyak orang yang melewati jalan tersebut, dan memungkinkan mencari penyebab apa sih yang kerap menimbulkan kecelakaan di sana.

Jika dilihat dari pengamatan pribadi saya yang sudah tak terhitung lagi melewati tanjakan tersebut, ada beberapa faktor yag menyebabkan terjadinya kecelakaan mengerikan yang sering terjadi di sana.

Jika kita melewati jalan tersebut dari arah Bakauheni menuju ke Bandar Lampung, jalan tersebut adalah termasuk jalan menurun yang tajam dan berkelok. Di saat jalan akan melewati turunan tersebut, jalan bertambah lebar kurang lebih dua kali lebarnya. Karena jalan yang bertambah lebar, banyak para pengendara berusaha untuk saling mendahului di jalan tersebut.

Di lain sisi, kendaraan yang melaju dari arah Bandar Lampung menuju Bakauheni menanjak. Karena jalan bertambah dua kali lebarnya, kendaraan dari arah Bandar Lampung pun berusaha memacu kendaraannya dengan kencang karena ingin saling mendahului. Selain karena ingin mendahului, biasanya orang memacu kendaraannya di sini karena takut tidak kuat menanjak jika tidak dilaju dari bawah.

Jika anda pernah melewatinya, pasti tahu bagaimana suasana saling ingin mendahului terjadi di tanjakan/turunan Tarahan tersebut. Itu sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan beruntun dan dahsyat.

Terakhir saya melewati jalan ini, ada pembatas yang dipasang oleh pihak berwajib (semenjak mudik lebaran) sehingga hanya bisa dilewati satu kendaraan dan tidak bisa saling mendahului di saat kondisi jalanan menurun. Ini menurut saya sungguh bagus. Meskipun begitu pun terkadang masih ada yang berusaha untuk saling mendahului. Tapi apadaya jalan dibatasi.

Menurut saya, itulah penyebab utama kenapa dari dulu sering terjadi kecelakaan di sana. Dan semoga, pembatas itu tetap ada, supaya kendaraan yang melaju turun dari arah Bakauheni menuju ke Bandar Lampung tidak menjadikan turunan tersebut sebagai ajang atau peluang untuk mendahului kendaraan lainnya karena jalan yang bertambah lebar dua kali lipat.

Sekian dan terima kasih

Oleh Anton Cakman