Tak Ada yang Pasti dan Sempurna Dalam Hidup, Jalani dengan Ini Saja, Supaya Santai Kayak di Pantai

Oleh: Anton Cakman

Setiap manusia mengharapkan kesenangan, kenikmatan serta kebahagian. Segala cara, daya dan upaya dilakukan untuk menggapainya. Hampir tidak ada orang yang mengingkari hal tersebut, karena itu adalah keinginan yang manusiawi.

Untuk mencapai sebuah kesenangan, orang akan berusaha melakukan sesuatu yang sudah menjadi hobinya. Dari jalan-jalan hingga nonton film. Di balik itu, tentu harus mencari biaya untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Manusiapun menginginkan yang nakmanya kenikmatan, dari kenikmatan makanan hingga nikmatnya pencapaian klimaks orgasme yang terpuaskan dalam tindakan seks. Ini menjadi hal yang manusiawi, tetapi untuk mencapai itupun dibutuhkan kerja keras untuk mencapainya. Cari duit untuk beli makanan lezat dan juga cari duit untuk melamar dan menghidupi anak orang.

Untuk selanjutnya yang sangat diharapkan oleh manusia adalah rasa bahagia (kebahagiaan). Kebahagian sendiri merupakan hal yang sulit untuk didefinisikan, karena berkaitan dengan suasana dan keadaan hati seseorang.

Untuk bahagia, terkadang tidak dibutuhkan biaya yang mahal. Berkumpul dengan orang-orang yang disayangpun bisa merasa bahagia. Kebahagian dapat digapai oleh semua orang tanpa pandang bulu. Kebahagiaan bisa dirasakan oleh si miskin maupun si kaya, orang bego maupun orang pintar, dan kebahagian bisa menginggapi hati setiap suku dan agama apapun yang dipeluknya.

Ketidak pastian dalam hidup membuat apa yang terjadi sering tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Terlalu tinggi dan banyak berharap, bisa menghujamkan manusia kepada kekecewaan yang mendalam. Besarnya pusaran jaringan yang mempengaruhi kehidupan terkadang tidak dapat ditangkal, hukum alam adalah hukum mutlak yang pasti terjadi, tidak dapat ditentang dengan sekedar harapan. Kita mau dapat uang, tentu harus bekerja, kita ingin pintar tentu harus belajar dan lain sebagainya.

Karena semua orang memiliki harapan yang sama yaitu kehidupan yang sempurna dalam hal kesenangan, kenikmatan hingga kebahagiaan, akan menimbulkan kompetisi yang tiada henti. Ini salah satu faktor yang menyebabkan ketidak pastian dalam kehidupan.

Setiap manusia harus siap kalah dan juga siap menang dalam setiap kompetisi kehidupan. Kalah dalam kontes politik, harus legowo, yang menangpun harus siap mental supaya tidak jumawa. Kalah dalam kontes cari pacar, yang kalah harus ikhlas dan mencari sumber cinta lain,yang menang pun juga menyakiti hati pacar yang sudah didapatnya. Kalah membangun usaha, maka carilah peruntungan dengan mencari peluang usaha lainnya atau degan menjadi pekerja. Dan lain sebagainya.

Ketidak pastian membuat keadaan jiwa menjadi tidak menentu. Suasana hati menjadi tidak karuan, sehingga menjauhkan rasa bahagia yang begitu mudah di dapat ketimbang kesenangan dan kenikmatan. Tetapi kebahagian justru akan sulit dirasakan karena ambisi akan kesenangan dan kenikmatan.

Tak Ada yang Pasti dan Sempurna Dalam Hidup, Jalani dengan Ini Saja, Supaya Santai Kayak di Pantai

Hal yang paling berarti antara kesenangan, kenikmatan dan kebahagian, sebagian besar orang akan memilih kebahagiaan. Sebuah sensasi hati yang begitu murah meriah untuk di dapat. Tidak perlu berkompetisi dengan mahluk dan alam untuk menggapainya. Meskipun begitu, kesenangan dan kenikmatan juga layak diperjuangkan dengan catatan tidak mempengaruhi rasa kebahagian. Bagaimanakah caranya? Mungkin kita bisa menikmati dan menjalani dengan baik proses-proses dalam menggapai hal tersebut. Penuh syukur, bersemangat juang, tetap melalui jalan lurus supaya tidak tertabrak oleh hukum alam sebab akibat, dan yang paling penting menjalani dengan baik apa yang sedang kita jalani, baik itu sebagai pekerja mauapun pengusaha.

Memang ngomong itu gampang sedangkan menjalani itu sulit, jadi kita harus memaklumi jika ada orang pinter ngomong tapi gak bisa jalani. Tetapi yang mesti diingat, pemikiran adalah suatu pondasi dalam melakukan tindakan, jika tidak ada pemikiran yang benar dalam menuju suatu proses tindakan, maka tindakan pun kecil peluangnya untuk dilakukan.

Sekian dan terima kasih

 

Gambar: berlari-wordpres.com