Alasan Mengapa Kita Harus Membasmi Ujaran Kebencian Bersama Jaringan Gusdurian

Kebencian merupakan penyakit hati yang sesungguhnya harus kita hindari. Orang benci, tidak akan memiliki kedamaian, hati, penuh was was dan emosi, kurang nyaman. Kebencian sendiri tentu banyak sebabnya. Ada kebencian yang sangat sederhana, seperti membenci kelakukan malas seorang anak, ada juga membenci pacar yang kabur dengan orang lain yang akhirnya menjadi mantan.

Jika benci kepada mantan hanya bersifat personal, yaitu antara satu orang dengan mantannya, hingga dampaknya pun hanya lingkup yang kecil. Tetapi ada kebencian yang dapat menimbulkan dampak yang besar, jika itu dipatik berdasarkan sentimen, suku, ras dan agama.

Sebagai contoh, di Lampung Selatan ada dua desa yang pernah ribut karena dipicu segelintir orang saja. Karena kesalahan segelintir orang, dua desa yang berbeda suku tersebut akhirnya saling serang. Kejadian yang pertama di desa Napal dengan Kota Dalam. Lalu kejadian tersebut terulang lagi, dan menimbulkan korban jiwa antara desa Balinurga dan Kalianda. Dan tentu masih ada contoh-contoh kasus lainnya.

Era digital dengan begitu mudahnya informasi didapat dan disebar. Ini berpotensi menimbulkan dampak baik dan buruk. Jika hal baiknya, wawasan dan informasi dengan mudah dapat didapat. Buruknya, propaganda dan ajakan untuk melakukan keburukan bisa dengan mudah menyebar. Terutama melalui postingan media sosial, pesan grup seperti WA, telegram dan lain sebagainya.

Melihat itu, jaringan Gusdurian yang sudah menyebar ke berbagai kota di Indonesia ingin memberi bantuan kepada  masyarakat yang sedang terkena masalah akibat dari kebencian tersebut, seperti ancaman persekusi, intoleransi hingga diskriminasi.

Situs kabarkan.org

Melalui situs kabarkan.org, masyarakat dapat melaporkan segala bentuk ujaran kebencian, baik secara online maupun ofline. Laporan bisa langsung dilakukan dengan melakukan klik pada tombol “kabarkan”, setelah itu akan muncul form yang harus diisi dengan lengkap sesuai dengan keterangan yang ada pada kolom form tersebut.

Form pengaduan yang harus diisi

Setelah sukses dalam proses pelaporan, maka akan ada pemberitahuan melalui email yang telah disertakan dalam kolom form tersebut. Setelah itu, tim dari admin akan melakukan verifikasi data dan konfirmasi dengan menghubungi si pelapor tentang adanya kejadian tersebut. Untuk identitas pelapor, akan dijamin kerahasiaannya.

Pentingnya pelaporan tersebut adalah, untuk membantu yang terkena masalah melalui pendampingan dan advokasi oleh tim Gusdurian. Selain itu, juga untuk memetakan situasi seperti apakah yang menimbulkan kebencian tersebut, sehingga data dapat digunakan untuk mencegah narasi jahat yang diakibatkan dari kebencian tersebut.

Sekian dan terima kasih

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *